SUMENEP (Selaksa) — RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus menguatkan peran Instalasi Peduli Pelanggan (IPP), yang telah lama hadir di lingkungan rumah sakit, sebagai bukti bahwa rumah sakit ini ramah terhadap seluruh pasien maupun keluarganya.
Unit layanan yang berlokasi di sebelah timur IGD, tepat di samping pos keamanan pintu masuk area rawat inap ini fungsinya sederhana namun vital: menjadi pusat aduan dan konsultasi langsung bagi pasien maupun keluarga pasien yang mengalami kendala selama proses layanan medis.
“IPP ini memang hadir untuk membantu pasien mengatasi kendala apapun yang ada di rumah sakit. Jadi sebenarnya pasien atau keluarganya tidak perlu meminta bantuan orang lain, cukup ke IPP pasti dilayani dan dibantu permasalahannya,” ujar Kepala Seksi Informasi RSUD dr. H. Moh. Anwar, Erfin Sukayati.
Menurut Erfin, IPP telah terintegrasi langsung dengan unit Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan dioperasikan oleh petugas bersertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Memurutnya, fasilitas ini menjamin bahwa peserta JKN-KIS maupun UHC mendapatkan informasi yang akurat serta bantuan teknis yang cepat.
Tak hanya itu, layanan IPP juga diperluas dengan akses melalui saluran telepon internal yang tersedia di hampir seluruh unit pelayanan rumah sakit.
“IPP ini juga tersedia melalui layanan telepon yang tersebar di seluruh unit layanan agar mudah diakses oleh pasien,” tambahnya.
Selain IPP, di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep juga tersedia Meja Konsultasi Mobile JKN (MJKN). Layanan ini untuk memberikan kemudahan kepada pasien, khususnya yang ingin mendaftar ke Poliklinik.
“Meja konsultasi MJKN ini hadir sebagai komitmen kami dalam memberikan kemudahan kepada pasien, khususnya yang ingin mendaftar ke Poliklinik,” ujar Erfin. (Al/Red)